Belajar Perhotelan

Kamis, 20 September 2018

Bagian-Bagian Apa Saja yang Ada Di Hotel?

Tidak ada komentar
Bagian-Bagian Apa Saja yang Ada Di Hotel?

Dalam postingan kali ini, saya akan menampilkan bagian/divisi apa saja sih yang ada di hotel itu. Disini saya hanya akan menyebutkan bagian yang umum saja dimana setiap hotel secara general bagian ini pasti selalu ada, oke langsung saja.

1. Front Office (FO)
Front Office

Front Office/ resepsionis ini biasanya ada di depan ketika kita hendak check ini. Kalau di ibaratkan FO ini sebagai "pintu gerbang" dari Hotel itu sendiri. FO memegang peranan yang penting dalam operasional hotel karena FO adalah orang pertama yang akan berinteraksi langsung dengan tamu.

2. House Keeping (HK)
House Keeping (HK)

HK atau bisa juga disebut tata graha ini adalah departmen yang menangani kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan tamu, HK juga bertugas untuk melaporkan apabila dalam sebuah kamar terjadi kerusakan.

3. F&B Service / POS Resto
F&B Service / POS Resto

F&B service adalah departmen yang akan menangani pemesanan makanan atau minuman,  F&B juga bertugas dalam menyediakan kebutuhan tamu yang berhubungan dengan makanan dan minuman.

4.Back Office (BO)
Back Office (BO)

BO adalah departmen yang bertugas menangani laporan-laporan transaksi yang di dapat dari departmen yang lain seperti FO atau F&B misalnya. BO juga meliputi permasalahan akunting yang ada di dalam hotel. Sehingga tidak jarang BO juga di sebut akunting karena tugas yang dikerjakan juga sama. tapi yang membedakan BO dengan akunting adalah cukapan tugasnya yang lebih luas.

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan untuk saat ini. sebenernya masih banyak lagi department-departmen yang belum saya sebutkan di atas. Namun secara keseluruhan di setiap hotel departmen yang sudah saya sebutkan di atas sudah mencakup secara keseluruhan.

Sumber: http://www.youthmanual.com/post/profil/cerita-alumni-smk-dari-smk-jurusan-akomodasi-perhotelan-ke-administrasi-perhotelan-dan-pendidikan-bahasa-perancis-ditta-silvana

Tidak ada komentar :

Posting Komentar